Apoloan
Seri kelereng ;
Permainan ini mutlak membutuhkan skill yang mumpuni sebagai
penembak jitu (Petitis)
Seperti keumuman pada umumnya, kesepakatan tentang berapa
banyak kelereng yang dipertaruhkan harus disepakati terlebih dahulu. Baru
setelah itu disusun berongga dalam kolom yang berbentuk seperti roket appollo.
Peraturan :
Masing masing melemparkan kelereng sebagai penentu siapa
yang berhak bermain lebih dulu, semakin jauh lemparan dari garis yang
ditentukan maka ia berhak memulai lebih dahulu (merah),
namun pemain biasanya lebih memilih posisi didekat garis (biru)supaya lebih mudah membidik sasaran. Tetapi
biasanya masing-masing enggan melempar lebih dulu karena akan dijadikan patokan
dalam penentuan strategi, maka dari itu harus diundi biar adil.siapa-siapa yang
kebagian Jin (pemain pertama)
Mero (pemain kedua)
Lun (pemain ketiga)
Kéci mero (pemain
kedua dari belakang)
Kéci atau Kaput (pemain
terakhir)
Apabila hasil lemparannya tidak melampaui garis (hitam),
maupun tepat berada digaris (hijau) maka
lemparan harus diulang kembali
Karena kelereng merah itu
posisinya berada paling jauh maka ia berhak memulai lebih dulu, dan ia
diperbolehkan membidik kelereng didepannya sebagai batu loncatan untuk lebih
dekat berada disisi apolo sehinggga lebih mudah membidiknya.(tak jarang
ini sengaja dilakukan untuk menjauhkan kelereng didepannya dari kolom apolo supaya ketika nanti giliran dia posisinya sulit) Namun bila terlalu kencang dan
melewati garis depan maka dianggap gagal, atau bahkan bila jaraknya hanya seKilan (± rentangan jemari) dari
kelereng didepannya maka diperbolehkan maju mendekat kelereng didepannya itu.
Bila ia memilih langsung membidik apolopun diperbolehkan ,
hanya saja untuk tepat sasaran peluangnya relative sangat kecil.
Apabila mengenai ditengah (kuning)
maka kelereng tersebut beserta dibawahnya menjadi miliknya, tetapi dalam
perkembangannya hal tersebut tidak diperkenankan karena mengurangi banyaknya
nilai taruhan. Jadi yang harus dibidik adalah kelereng urutan nomor (biru) dan seluruh kelereng yang ada dalam kolom
berhak dimiliki semuanya.
Apabila mengenai lebih dari satu kelereng maka dianggap
gagal.
Apabila kelerengnya berada dikotak apolo (putih) maka ia
melakukan pelanggaran dan didenda dengan menambah pasangan (disatukan
dalam kolom apolo tersebut).
Dan apabila tidak ada satu pemainpun yang berhasil
melakukannya maka permainanpun dimulai dari awal lagi, begitu seterusnya sampai
ada yang berhasil.
Post a Comment